Friday, September 16, 2011

Friday, 16th Sept 2011

4P

DEFINISI PERIKLANAN
  • Komunikasi komersial dan non-personal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan kesuatu khalayak target melalui media bersifat massal.
  • Menurut AMA (American Marketing Association), Periklanan adalah bentuk presentasi yang dibayar dari non-personal dan promosi gagasan, barang atau jasa dari sponsor yang jelas.
  • Menurut P3I (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia), Periklanan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media dibiayai oleh pramarkasa yang dikenal, serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.
Contoh media periklanan seperti TV, radio, koran, majalah, direct mail, reklame luar ruang.
ATL = Above The Line Media (Ruang lingkupnya mendunia)
BTL = Below The Line Media (Ruang lingkupnya per wilayah)

Periklanan merupakan bagian kecil dari ilmu pemasaran.
  • Colgate-Palmolive India Limited ingin merebut pasar iklan di pedesaan India dari tahun 1996 - 2003 sebesar 30%.
  • Colgate mengalami hambatan dalam mengiklankan produk karena setengah penduduk India buta huruf dan hanya sepertiga yang mempunyai TV.
  • Colgate menganti teknik komersial iklan dengan teknik informersial iklan.
  • Teknik informersial iklan Colgate dengan cara : Membawa mobil video ke pedesaan, lalu menayangkan selama 30 menit iklan Colgate.
  • Colgate-Palmolive mendemostrasikan pengguna pasta gigi dan sikat gigi, lalu memberikan sampel secara gratis.
DEFINISI PEMASARAN
  • Menurut AMA, pemasaran adalah proses perancangan dan pelaksanaan konsepsi, penentuan harga, promosi dan distribusi gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu (konsumen) dan tujuan organisasi.
  • Menurut Philip Kothler, pemasaran adalah suatu proses sosial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
  • Menurut H. Nistrom, pemasaran adalah suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
HUBUNGAN ANTARA PEMASARAN DAN PERIKLANAN
Pemasaran bukan hanya penjualan produk, tetapi membujuk konsumen untuk memilih suatu produk ketimbang produk lainnya.

3 unsur pendukung konsep pemasaran :
  • Pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen
  • Mengupayakan koordinasi pemasaran di seluruh organisasi
  • Pencapaian tujuan jangka panjang mempertahankan unsur produk
BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)
Marketing mix merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya.

DEFINISI MARKETING MIX
  • Menurut William J. Stanton, marketing mix adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan empat kombinasi besar pembentuk inti sistem pemasaran sebuah organisasi.
  • Menurut Philip Kothler, marketing mix adalah kombinasi dari empat varibel atau kegiatan yang mempunyai inti sistem pemasaran yaitu produk, struktur harga, sistem distribusi dan kegiatan promosi. Keempat unsur yang terdapat dalam kombinasi tersebut paling berhubungan dan saling mempengaruhi.
Marketing mix terdiri dari :

1. PRODUCT (BARANG / JASA)
  • Perencanaan : Bagaimana dan seperti apa produk yang akan ditampilkan.
  • Pengembangan : Menentukan desain dan merek yang sesuai dengan produk tersebut.
  • Pengolahan : Penggunaan dan pengerjaan barang yang menggunakan kualitas tertentu sesuai dengan permintaan pasar.
2. PRICE (HARGA)
  •  Harga menduduki tempat yang penting karena akan menentukan penerimaan perusahaan.
  • Setiap perusahaan harus dapat menetapkan harga yang tepat agar memberikan keuntungan yang paling baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Harga produk sudah harus mencakup biaya produksi, distribusi, promosi dan laba perusahaan.
  • Harga dapat mendukung citra suatu produk untuk merebut hati para konsumennya.
3. PLACE (TEMPAT)
  • Merupakan upaya agar produk yang ditawarkan berada pada tempat dan waktu yang tepat sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan biaya wajar.
  • Unsur yang harus diperhatikan : Saluran distribusi, Jangkauan distribusi, Penyediaan barang, Lokasi dan transportasi.
  • Ada juga mereka yang melalui perantara, alasannya karena : Banyak produsen kekurangan sumber daya finansial untuk menjalankan pemasaran langsung, Dalam beberapa kasus pemasaran langsung memang tidak layak, Produsen adakalanya setiap mendapat pengembalian yang lebih besar atas produk yang dijual sendiri.
4. PROMOTION (PROMOSI, COMMUNICATION AND MARKETING)
  • Promosi membantu pihak - pihak yang terlibat dalam pemasaran untuk memperbaiki hubungan antara produsen dan konsumen.
DEFINISI PROMOSI
  • Menurut Philip Kothler, promosi adalah informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dan pemasaran.Ada empat komponen promosi, yaitu : Advertising (periklanan), Personal Selling (penjualan pribadi), Publicity (publikasi), Sales Promotion (promosi penjualan).

No comments:

Post a Comment