Friday, September 23, 2011

Friday, 23th Sept 2011

SEGMENTASI PASAR
 
Tim pemasaran dan periklanan selalu memantau solusi pasar produk tertentu, untuk melihat seberapa jauh tingkat kepuasan konsumen. Dalam kebutuhannya, segmentasi pasar merupakan salah satu solusinya.

TUJUAN SEGMENTASI PASAR
Produsen merancang bauran pemasaran yang lebih tepat dalam menjawab kebutuhan para konsumen di pasar tertentu.
Contoh : Kalau kita mau jualan roti di pasar, jangan memasang harga yang tinggi karena tidak sesuai dengan tempatnya.

METODE SEGMENTASI PASAR
Segmentasi Demografis
Segmentasi demografis di pakai para pemasar karena mereka sering kali terkait erat dengan kebutuhan dan perilaku beli konsumen serta dapat langsung diukur. Variabelnya adalah usia, gender, ukuran keluarga, tahap siklus hidup keluarga, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, agama, ras atau kebangsaan.
Contoh :
  • Produsen KRAFT, Philip Morris mengeluarkan produk keripik kentang "VELVEETA" yang dikhususkan bagi etnis Hispanik di Amerika. [ETNIS]
  • Produsen mobil eropa CHRYSLER, dikhususkan untuk kaum Afro Amerika. [ETNIS]
  • TOYOTA KIJANG untuk konsumen yang sudah berkeluarga. [UKURAN KELUARGA]
  • Motor HONDA VARIO cenderung untuk wanita modern. [GENDER]
  • Telepon merek CERIA ditujukan bagi masyarakat menengah kebawah untuk memenuhi kemudahan berkomunikasi bagi masyarakat menengah kebawah. [PENDAPATAN]  

Segmentasi Geografis
Masyarakat suatu wilayah negara memiliki kebutuhan dan perilaku yang berbeda dengan mereka yang berada di wilayah lain. Variabelnya meliputi daerah, ukuran populasi, kepadatan, iklim.
Contoh : Penjualan dan pemakaian AC lebih tinggi di Asia Tenggara dibandingkan dengan di Eropa, karena kedua wilayah tersebut memiliki cuaca yang berbeda - beda. [IKLIM]

Segmentasi Behavioristis
Variabelnya meliputi manfaat - manfaat yang dicari, pengguna volume, loyalitas produk.
Contoh : KFC mengeluarkan produk yang harganya lima ribu rupiah [TINGKAH LAKU]

Segmentasi Psikografis
Segmentasi psikografis didasarkan pada gaya hidup atau kepribadian. Penentuan gaya hidup didasarkan pada kegiatan analisis kegiatan, minat, dan opini (activities, interest, opinion AIO). Kepribadian yang konsisten melahirkan sebuah gaya hidup.
Contoh :
  • Rokok MALBORO : laki - laki, berpetualang, penuh tantangan.
  • NOKIA 8800 : orang eksklusif dalam produk dan bentuknya.

JENIS - JENIS PASAR
Pasar adalah tempat dimana terjadi pertukaran antara penjual dengan pembeli. Dalam hal ini, pasar yang dibicarakan berarti daerah dimana barang-barang dijual yang terdiri dari berbagai macam tipe pembeli.

Empat tipe pasar:
  1. Consumer Market. Pasar konsumen terdiri dari orang-orang yang membeli produk-produk dan servis untuk keperluan pribadi atau keluarga sehari-hari.
  2. Bussiness to Bussiness. Perusahaan-perusahaan yang membeli produk untuk digunakan sebagai operasional produksi mereka.
  3. Institutional Market. Pasar yang terdiri dari perusahaan laba dan non-laba dari variasi yang luas seperti rumah sakit, sekolah, dan lembaga pemerintah yang menyediakan keperluan masyarakat.
  4. Reseller. Pengecer merupakan faktor tengah berupa distributor atau pengecer itu sendiri yang membeli produk setengah jadi, maupun jadi. Jadi, untuk dijual kembali dan mengambil keuntungan darinya.

ADVERTISING

Advertising berasal dari kata :
Ad-vertere yaitu mengalihkan suatu pandangan.
Reklame ( Latin ) , Re yaitu diulang atau lagi. Clamo yaitu berteriak atau berseru. Sehingga arti reklame adalah seruan yang diulang - ulang.
Plan ( Arabic ) , yaitu pengumuman.


Advertising memberikan informasi tentang produk atau jasa tertentu sehingga konsumen dapat menjatuhkan pilihan yang relevan. 
No advertising   -->  No choosing  -->  No buying

Iklan :
  • Menyampaikan suatu gagasan
  • Ditujukan kepada khalayak sasaran
  • Melalui media massa
  • Mengharapkan hasil atau keuntungan tertentu
  • Ada sponsor yang jelas
JENIS IKLAN
  1. Iklan komersial. Iklan yang mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa. Biasanya disebut dengan commercial. Iklan komersial biasanya dikomunikasikan melalui media - media komersial atau new media.
  2. Iklan non-komersial. Banyak jenisnya (lowongan pekerjaan, duka cita, orang hilang, dll). Merupakan bagian dari kampanye social marketing yang bertujuan "menjual gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat ( public service ). Iklan jenis ini biasanya disebut Iklan Layanan Masyarakat ( ILM ). Pesannya berupa ajakan atau himbauan kepada masyarakat untuk melakukan atau mengubah kebiasaan atau perilaku masyarakat yang tidak baik menjadi baik.
  3. Iklan Corporate. Bertujuan membangun citra ( image ) suatu institusi atau perusahaan dengan tujuan komunikasi, membangun citra positif atas jasa atau produknya. Kampanye iklan corporate idealnya dilakukan simultan bersama dengan kampanye PR. Iklan corporate baru akan efektif bila didukung dengan fakta-fakta yang kuat, yang mempunyai nilai berita, dan biasanya selalu dikaitkan dengan kegiatan tertentu yang berorientasi pada kepentingan masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat.

No comments:

Post a Comment