Saturday, September 10, 2011

Friday, 9th Sept 2011

LATAR BELAKANG PERIKLANAN

PERAN PERIKLANAN :
1. Kunci untuk membangun hubungan mesra antara merk dan konsumen
2. Menerjemahkan pengertian antara produsen dan konsumen
3. Membangun identitas produk dalam pemikiran konsumen
4. Membentuk simpati antara produsen dan konsumen
YANG BISA DILAKUKAN OLEH PERIKLANAN :
1. Menciptakan identitas merk dan mempengaruhi persepsi konsumen
2. Periklanan dapat menciptakan : kesadaran merk, arti dari sebuah merk, pengharapan akan sebuah merk, identitas merk, bayangan dari sebuah merk

PRINSIP - PRINSIP PENTING PERIKLANAN :
1. Iklan yang baik menghargai perhatian konsumen karena dibuat dengan ide-ide bagus
2. Tanggapan konsumen adalah titik awal dalam merencanakan dan menciptakan iklan
3. Periklanan bukan semata-mata mengirimkan pesan kepada konsumen, namun meciptakan rangsangan yang tepat dan meninggalkan tanggapan yang diinginkan
4. Periklanan hanya bisa dibuat khusus untuk satu macam produk atau jasa saja

KUNCI BERHASILNYA SEBUAH KOMUNIKASI :
1. Rencanakan sebuah komunikasi brand yang efektif, takkan tercapai tanpa pemahaman produk
2. Memahami dengan lebih baik bagaimana perilaku setiap orang dalam berkomunikasi
3. Ciptakan ide yang cukup besar untuk bekerja dengan baik di setiap saluran komunikasi

"IKLAN MEMBERIKAN NYAWA BAGI SEBUAH PRODUK, DAN IKLAN DAPAT MEMPENGARUHI HIDUP KITA"

LATAR BELAKANG PERIKLANAN :
Abad 17 muncul surat kabar pertama di Eropa, abad 19 masuk iklan mini seperti promosi. Tahun 1841 berdiri agency periklanan oleh Volney Palmer di Boston. Agency disini adalah sebagai makelar dengan komisi 25-30%. Tahun 1875, N. W. Ayer & Son di Philadelphia merupakan agency yang pertama kali melayani kliennya dengan pelayanan penuh. Maka muncullah peluang karir dalam dunia bisnis, seperti dunia periklanan.

Awal tahun 1950-an, TV Dumont memulai penjualan media periklanan yang terpecah-pecah dalam bentuk sponsor-sponsor. Tahun 1960-an, periklanan menjadi lebih modern, lebih terarah, dan menjadi suatu unsur memukau sebagai pesan komersial bagi konsumen.

Tahun 1980-an dan awal tahn 1990-an, mulai muncul TV kabel dengan adanya MTV, dimulai dari video musik yaitu menyatukan latar belakang sebuah klip musik. Periklanan pada media TV kabel dan parabola / satelit melebarkan fungsinya menjadi saluran khusus yang menyajikan iklan-iklan dalam saluran acaranya. 

Tahun 1990-an dunia internet membuka peluang bagi media periklanan dengan menggunakan "DOT-COM".
Awal abad 21, muncul search engine seperti Google dan Yahoo yang membuat iklan online. Cara ini menimbulkan tren periklanan interaktif.

Thanks Sir Santo Tjhin ! :)

No comments:

Post a Comment